-->

SOAL MATEMATIKA SD KELAS 3 SEMESTER 1 OPERASI HITUNG BILANGAN

advertise here
Soal Matematika
Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan
SD Kelas 3 Semester 1

Senang rasanya bisa terus berbagi dengan pengunjung blog www.soalulangansekolah.blogspot.com semuanya. Kali ini saya akan berbagi soal matematika untuk kelas 3 SD semester 1 pada pembahasan Operasi Hitung Bilangan.

Biar lebih rileks dalam belajar bapak dan ibu guru bisa memperdengarkan lagu berikut... 


Selesaikan soal cerita berikut!

  1. Ibu guru membawa 42 lembar kertas, akan di berikan kepada 7 siswa yang mengikuti ulangan perbaikan. Berapa lembar kertas yang di berikan kepada tiap siswa agar mendapat sama banyak?

  2. Bu De membagikan 27 permen kepada 9 keponakannya. Masing-masing keponakan mendapat sama banyak. Berapa permen yang di terima masing-masing keponakan Bu De?

  3. Pada saat upacara bendera, kami siswa kelas 3 membentuk 4 barisan. Banyak siswa kelas 3 ada 32 murid. Menurut kalian tiap barisan ada berapa siswa?

  4. Pedagang beras mempunyai persediaan 8 karung beras. Berat seluruh beras 73 Kg. Berapa Kg tiap karung beras?

  5. Ada 54 kue yang akan di masukan ke dalam kantong plastik. Tiap kantong plastik memuat 6 kue. Berapa kantong palstik yang harus di sediakan untuk membungkus semua kue?

  6. Amin mempunyai 9 kotak berisi klereng. Setiap kotak berisi  5 klereng. 15 klereng di berikan kepada adik. Berapa sisa klereng Amin sekarang?

  7. Ibu membagikan 12 permen kepada ke tiga anak dengan sama banyak. Indra anak bungsu mendapat tambahan 2 permen dari kakak. Berapa jumlah permen Indra yang di dapat?

  8. Di kelas 3 terdapat 7 deret meja, tiap deret terdapat 5 meja. Dari keseluruhan meja ada 4 meja yang rusak. Berapa meja yang tidak rusak?

  9. Pak Tani mempunyai 3 petak sawah. Setiap sawah menghasilkan 5 karung gabah, berpa karung gaba yang di dapat Pak Tani?

  10. Maulana memiliki 20 buku tulis dan di bagikan kepda kedua anaknya dengan sama banyak. Anak pertama mengambil 2 buku tulis lagi dari anak kedua. Berapa buku yang di dapat anak pertama?

Selamat mengerjakan!

Demikian SOAL MATEMATIKA SD KELAS 3 SEMESTER 1 OPERASI HITUNG BILANGAN ini mudah-mudahan bermanfaat dan dapat di jadikan bahan referensi untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas 3 SD dalam menyelesaikan soal-soal matemaika pada operasi hitung bilangan. Silahkan copy dan share!

Terimakasih telah mengunjungi dan berlatih soal-soal di blog ini. Silahkan memberikan komentar jika ada hal-hal yang perlu dikomentari!

Click to comment