-->

PKN Kelas 3 SD Soal Ulangan

advertise here
Assalamuallaikum, pembaca soalulangansekolah.blogspot.com. Kali ini kita bertemu dalam soal ulangan SD kelas 3 untuk mata pelajaran PKN. Kali ini kita tidak akan langsung mengerjakan soal, melainkan kita melihat dulu materinya seperti apa. Materi yang akan kita bahas terlebih dahulu yaitu makna sumpah pemuda.

 Arti dari kat Sumpah Pemuda

Sumpah artinya ikrar atau janji yang di ucpakan, sedangkan pemuda artinya orang-rang yang masih muda usianya. Jadi kalau disatukan artinya ikrar atau janji yang di ucapkan oleh orang-orang muda dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

Dalam arti yang sebenarnya sumpah pemuda mengandung makna janji yang di ucapkan oleh pemuda dan pemudi di indonesia pada masa pergerakan, tepatnya pada saar kongres pemuda II tanggal 28 oktober 1928. Tujuan diadakannya sumpah pemuda yaitu untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk cita-cita mulia yaitu indonesia merdeka, bebas dari penjajahan, kemiskinan dan kebodohan. Reff: Soal PKN Kelas 3 SD.

Bunyi Sumpah Pemuda
  1. Kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air indonesia.
  2. Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia.
  3. Kami putra dan putri indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia.
Tokoh sumpah pemuda
  1. Muhamad Yamin
  2. Dr.Soetomo
  3. Wahidin Sudirohusodo
  4. Dr. Cipto Mangun Kusumo
  5. Dr.Moewardi
  6. dll
Demikian kilas singkat mengenai maknsa sumpah pemuda, berikutnya kita akan mencoba menyelesaikan beberapa butir soal PKN kelas 3 SD yang berhubungan dengan pembahasan diatas.

Jawablah soal dibawah ini dengan tepat!
  1. Jelaskan tentang makna sumpah pemuda?
  2. Kapan sumpah pemuda di laksanakan?
  3. Sebutkan 5 tokoh pada peristiwa sumpah pemuda?
  4. Sebutkan tujuan di adakannya sumpah pemuda?
  5. Sebutkan bunyi sumpah pemuda?

2 komentar

avatar

suku sunda berasal dari

Terimakasih telah mengunjungi dan berlatih soal-soal di blog ini. Silahkan memberikan komentar jika ada hal-hal yang perlu dikomentari!

Click to comment