-->

Soal PKN Kelas 4 SD Semester 2 dan Pembahasanya (Bab Globalisasi)

advertise here
Assalamuallakum, selamat berhari minggu semuanya. Posting terdahulu di blog soalulangansekolah ini adalah Soal-Soal UAS Kelas 3 SD Semester 2 (Kumpulan Soal UAS Kelas 3) dan sebelumnya Soal UAS Kelas 4 SD Semester 2 (Kumpulan Soal UAS Kelas 4) dan Soal UAS Kelas 5 SD Semester 2 (Kumpulan Soal UAS kelas 5). Kali ini lupakan dulu soal-soal uas sd semester 2. Kita coba menyelesaikan pembahasan terakhir semester 2 ini mengenai bab globalisasi.

Perhatikan rangkuman berikut:
  • Globalisasi adalah proses menyatunya seluruh warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi sebuah kelompok masyarakat.
  • Globalisasi dapat mempengaruhi prilaku dan cara hidup manusia. Globalisasi juga dapat menyebabkan terjadinya perubahan di masyarakat.
  • Contoh pengaruh globalisasi yang dapat ditemukan di lungkungan kita antara lain: a. Munculnya arus komunikasi yang serba canggih , seperti telepon seluler dan internet. b. Masuknya budaya asing yang membaur dengan budaya masyarakat Indonesia.
  • Globalisasi dapat mempengaruhi kebudayaan manusia sehingga terjadi hubungan antar budaya yang dapat menciptakan jenis kebudayaan baru.
  • Misi kebudayaan adalah pertunjukan atau pementasan suatu kebudayaan di negara-negara lain.
  • Sikap kita terhadap globalisasi hendaknya bijaksana, waspada, selektif dan menerapkan nilai-nilai agama.
  • Dalam menangkal pengaruh buruk globalisasi, nilai-nilai budaya bangsa indonesia harus terus dilestarikan. 
  • Agar kita terhindar dari dampak buruk globalisasi hendaknya kita membentengi diri dengan nilai-nilai agama yang kuat. (sumber BSE PKN kelas 4 th.2008)
Dari rangkuman diatas, mari kita selesaikan soal-soal berikut ini!
  1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi?
  2. Berikan 3 dampak positif dari globalisasi?
  3. Berikan 3 dampak negatif dari globalisasi?
  4. Bagaimana cara melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia?
  5. Bagaimana cara menghindari dampak buruk globalisasi?
Untuk menjawab ke lima soal diatas, silahkan baca kembali rangkmanya. Dan jawabanya adalah Soal no:
  1. Proses menyatunya seluruh warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi sebuah kelompok masyarakat. 
  2. Mudah mendapatkan informasi, Komunikasi mudah dilakukanlewat peralatan, Mudah untuk melakukan perjalanan darat, udara, laut (transportasi).
  3. Gaya hidup yang tidak sesuai dengan norma, Pakaian yang digunakan kurang sopan, Makanan cepat saji yang tidak sehat.
  4. Dengan cara melestarikan kebudayaan daerah seperti tari-tarian, pakaian adat, norma kesponan dan budaya-budaya asli Indonesia lainya.
  5. Dengan membentengi diri dengan nilai-nilai agama yang kuat
Demikian Soal PKN Kelas 4 SD Semester 2 dan Pembahasanya (Bab Globalisasi) kali ini soal dengan pembahasanya lainya antara lain Soal UAS IPA Kelas 4 Dan Pembahasan Materi dan soal lainya silahkan lihat di daftar isi blog ini.

Terimakasih telah mengunjungi dan berlatih soal-soal di blog ini. Silahkan memberikan komentar jika ada hal-hal yang perlu dikomentari!

Click to comment