-->

Soal Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2019/2020

advertise here
Soal Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2019/2020-Assalamualaikum Wr.Wb pengunjung blog soalulangansekolah semuanya. Soal ujikom berikut merupakan kumpulan soal-soal UKK/Ujikom untuk SMK. Soal yang akan admin tampilkan merupakan soal terbaru dan arsip soal ujikom tahun pelajaran sebelumnya.

Karena pada dasarnya untuk pelaksanaan UKK, satuan pendidikan selain menggunakan soal UKK/Ujikom terbaru juga dibolehkan menggunakan soal UKK/Ujikom tahun sebelumnya sesuai dengan pertimbangan panitia UKK satuan pendidikan masing-masing.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.

Soal Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2019/2020


Adapun ketentuan dari UKK itu sendiri antara lain; dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.

Untuk kelengkapan administrasi pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian SMK, silahkan bapak/ibu untuk mengunduh berkas-berkas dan instrumen yang harus disiapkan oleh panitia pelaksanaan program Uji Kompetensi di SMK masing-masing, berkasnya dibawah ini:

>> Panduan Pelaksanaan (Juklak) Uji Kompetensi Keahlian SMK

>> Instrumen Verifikasi Tempat Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian SMK

Penting untuk diketahui juga!
Bahwa terhitung mulai tahun pelajaran 2018/2019, Ujian Nasional Teori Kejuruan tidak lagi menjadi bagian Uji Kompetensi Keahlian sehingga nilai Ujian Nasional tidak lagi diperhitungkan dalam nilai Uji Kompetensi Keahlian melainkan hanya untuk Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SKHUN).

Soal UKK/Ujikom SMK 2019/2020

Silahkan pilih soal UKK/Ujikom sesuai dengan kompetensi / jurusan di satuan pendidikan masing-masing. Apabila soal sudah tampil, bapak ibu bisa langsung mengunduhnya, dan apabila soal belum rilis dari direktorat pembinaan SMK maka soal belum bisa bapak/ibu unduh, dan kami akan memperbaruinya setelah update ditpsmk terbit.

Soal Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2019/2020
(menunggu rilis terbitan soal direktorat pembinaan SMK)

Soal-Soal Uji Kompetensi Keahlian (Ujikom) SMK TP. 2018/2019

Soal-soal diatas masih soal UKK tahun pelajaran 2018/2019. Untuk update soal UKK terbaru menunggu rilis dari terbitan soal UKK Direktorat Pembinaan SMK.

Arsip Soal UKK SMK Tahun 2017/2018

Dibawah ini merupakan arsip soal-soal Uji Kompetensi Keahliah (UKK) SMK tahun pelajaran 2017/2018. Silahkan mengunduhnya untuk bahan latihan, atau perbandingan, atau untuk arsip pada saat dibutuhkan misalnya untuk kelengkapan administrasi akreditasi sekolah. Soal-soal diatas merupakan arsip Soal Ujikom / UKK SMK tahun pelajaran 2017/2018 semua jurusan.

Download soal PAT Desain grafis percetakan Kls 11 Multimedia
Bank Soal SMK Kelas 10,11,12 SMK lengkap
Download Soal UKK Pemrograman Web SMK
Soal PTS Jaringan dan Perakitan Komputer Kls 10 SMK

Demikian kumpulan Soal Ujikom/Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK 2019/2020 semua jurusan ini semoga bermanfaat untuk semuanya, terutama bagi rekan-rekan panitia pelaksanaan UKK di unit SMK masing-masing.

Terimakasih telah mengunjungi dan berlatih soal-soal di blog ini. Silahkan memberikan komentar jika ada hal-hal yang perlu dikomentari!

Click to comment